Kurikulum disusun untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan
kebutuhan dan potensi yang ada di madrasah. MA Islamiyah Mundu sebagai unit penyelenggara pendidikan, juga harus
memperhatikan dan mengantisipasi perkembangan dan tantangan masa depan.
Adapun perkembangan dan tantangan itu menyangkut antara lain:
1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
2. Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintasSektor serta tempat;
3. Era informasi;
4. Pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia.
5. Berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan;
Madrasah
Aliyah Islamiyah Mundu sangat merespon tantangan sekaligus peluang tersebut sehingga visi
madrasah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut.
Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang
diinginkan di masa datang atau secara sederhana diartikan sebagai gambaran
sekolah yang dicita-citakan di masa depan. Namun demikian, visi sekolah harus
tetap mengacu kepada kebijakan
pendidikan nasional. Demikian juga Visi
tersebut harus memperhatikan dan
mempertimbangkan antara lain: (a) potensi yang dimiliki madrasah dan (b)
harapan masyarakat yang dilayani madrasah.
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders) bermusyawarah dan merumuskan visi madrasah,
sehingga visi madrasah tersebut dapat
mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh
kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, dan
pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.
Visi MA ISLAMIYAH MUNDU :
“TERBENTUKNYA GENERASI ISLAM YANG UNGGUL DALAM IMAN, ILMU DAN AKHLAKUL KARIMAH”.
Visi
tersebut diatas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan
dengan memperhatikan potensi kekinian,
sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
Pemilihan
visi tersebut untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek.
Visi ini menjiwai warga madrasah Kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat
dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan madrasah. Adapun indikator dari visi tersebut adalah :
1. Mampu mengamalkan nilai-nilai Ajaran Agama Islam
secara benar dan konsekuen;
2. Berprestasi dalam berbagai even kegiatan/perlombaan
baik akademis maupun non akademis:
3. Mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi;
4. Perolehan nilai akademis peserta didik meningkat dari
tahun ke tahun;
5. Mampu bersaing dalam bursa dunia kerja;
6. Mampu melahirkan peserta didik yang kreatif dan
inovatif
7. Tenaga pendidik dan kependidikan bekerja secara
profesional;
8. Disiplin warga sekolah sesuai dengan standar yang
berlaku;
9. Kegiatan pembinaan dan pengembangan minat, bakat dan kemandirian siswa;
10. Menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam berbagai
kegiatan yang positif;
Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita Madrasah yang :
1. Berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian;
2. Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat;
3. Ingin mencapai keunggulan dan prestasiyang terbaik;
4. Meningkatkan kesejahteraan hidup;
5. Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga madrasah dalam mendarmabaktikan untuk kepentingan dunia pendidikan;
6. Mendorong adanya perubahan yang lebih baik;
7. Mengarahkan langkah-langkah strategis (misi) madrasah; dan
8. Menunjukkan kewibawaan dan keberadaan madrasah di tengah-tengah melalui perilaku
dan prestasi.
0 Komentar